“Janganlah berfikiran bahwa engkau adalah orang yang paling buruk di dunia ini atau orang yang sungguh tidak berguna. Karena tanpa engkau sadari ada orang yang ingin sekali menjadi sepertimu”

Aku rasa pernyataan itu ada benarnya juga…
Ceritanya berawal ketika di kelas kami sedang ada jam seni. Pada saat itu kami ditugaskan untuk menggambar batik. Oleh karena aku telah menyelesaikan tugasku. Temanku, Nur Habibah meminta bantuanku untuk mewarnai gambarnya. Kami pun selama mewarnai banyak membicarakan banyak hal. Aku lupa siapa yang mengawalinya, hingga topic pembicaraan mengarah pada keinginan terpendam masing-masing.

Teman-teman biasa memanggil Nur Habibah dengan sebutan Bibah, menurut pandanganku (yang mungkin juga semua orang), Bibah adalah sosok yang supel, ia mudah bergaul dengan siapa saja. Baik teman sepantarnya, kakak kelas, adik kelas, bahkan guru. Aku melihatnya, Ia menganggap orang-orang disekelilingnya itu adalah temannya yang mudaaah  sekali akrab. Tidak seperti aku yang sulit untuk bersosialisasi dan akrab dengan orang. Pribadiku sendiri aku merasa adanya kasta pergaulan yang membedakan setiap orang. Antara teman, kakak kelas, adik kelas, tetangga, keluarga. Sebetulnya itu bukan aku yang merumuskannya sendiri. Tapii ya mungkin itu sifat aku.

Kembali ke awal, percakapan singkatnya kurang-lebih :

Muthi  : Bib, saya tuh pengen kaya kamu, yang pinter ngomong, aktif, mentalnya tinggi.
Bibah   : lah muthi mah pengen kaya saya jeh! Malah saya muth yang pengen kaya kamu tuh.
Muthi  : enak apanya??
Bibah   : ya kamu tuh pinter (and bla bla bla……)
Muthi : Saya sendiri tuh sering mikir, buat apa kita ini itu tapi ngga pinter buat sosialisasi, ngga        bisa untuk bergaul. Toh nantinya pelajaran yang sesungguhnya itu langsung terjun ke masyarakat. Okelah kalau sekarang kita berjuang untuk ke perkuliahan, selanjutnya kerja. Nah, percuma aja kan kalau orang itu pinter (dalam mata pelajaran) tapi ngga dalam masyarakat? Memangnya dalam masyarakat ada gitu ulangan bahasa Indonesia, Matermatika dll?? Engga kan?? Makannya saya tuh pengen kaya kamu.
Bibah   : iya sihh.. tapi menurut saya mah kamu tuh enak, orangnya pendiem, ngga kaya saya suka ngomong, and blab la bla
Muthi  : Enak gimana kamunya Bib? Ngga enak tau jadi pendiem tuh. Kaya tuh kita ngga dianggap sama orang.
Bibah   : Ngga dianggap gimana? Orang pendiem tuh kayaknya jarang buat masalah. Kalo saya misalnya ngomong banyak yang tersinggung. Meski saya sendiri ngga bermaksud menyinggung. Ya mungkin tanggepan merekanya beda kali. Jadi tuh serba salah. Kalau saya tuh pengen jadi pendiem tapi susah banget. Kakaya saya ngungkapin yang ada di pikiran saya aja. Misalnya A ya saya langsung sampein aja A.
Muthi  : ya kadang kita tuh sering diremehin. Angel si ya kamu mah ngga pernah. Susah ngejelasin situasinya. Ya justru itu yang susah bib, banyak banget emang sih yang saya fikirin. Tapi saya terlalu susah buat ngungkapinnya. Kayanya langsung ilang semuanya. Pasti ada aja keraguan.
Bibah   : haha ko jadi kebalik gini sih???kamu pengen jadi saya, saya pengen jadi kamu.
Muthi  : haha. Kamu juga professional orangnya. Misalnya kamu pernah punya masalah sama saya, tapi kamu tuh bisa biasa aja nyikapinnya. Ngga kaya saya, kalau udah ngga suka sama orang, atau ada sikap orang yang buat saya benci ke dia saya tuh susaah buat ngelupainnya. Sebaik apapun sikapnya tetep aja dimata saya tuh ngga baik.
Bibah   : Ya embbuh dah muth, saya tuh kaya ngga bisa buat benci sama orang. Kalo misalnya ada orang yang berbuat kesalahan sama saya, terus dianya minta bantuan ke saya ya saya bantu aja. Kadang saya tuh mikir. Apa emang sayanya terlalu baik atau terlalu bodoh. Mau aja bantuin orang udah nyakitin saya. Intinya mah saya ngga bisa benci sama orang. Kalo sekarang marah atau saya jengkel ke orang itu ya ngga berapa lama lagi udah biasa aja. Saya pengen gitu bisa benci sama orang itunya lagi. Tapi ngga bisa. HAHAHAA kok jadi gini sih???



Dan akhirnya percakapan kita terhenti dengan tawaaa kami……. :D

 OP ( Original Post) : 26 April 2012

date Sabtu, 28 April 2012

0 komentar to “Amazing Confession”

Blog ini berisi pengalaman-pengalamanku dan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupanku

Labels