"Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data"

 Itu pengertian statistika yang aku dapat dari google.
yang pernah aku pelajari sendiri sih tentang Mean, Modus dan Median.
dimana Mean adalah Rata-rata, Modus adalah Nilai yang paling sering muncul dan median adalah Nilai tengah setelah data tersebut diurutkan.
pertama kali aku belajar statistika di SMP. dan kini mengulangnya kembali di SMA.

ketika di SMA, statistika merupakan materi pelajaran Matematika pembukaa di semester 3. pertama kali yang mengajarkannya adalah guru PPL dari Unwir. kami diajarin sedikit dan langsung diberi soal-soal.
pertemuan selanjutnya guru pengajar kami yang sah lah yang masuk. maksudnya guru tetap kami :D.

hemm... namanya Bapak Roshid. Awal masuk, beliau memberikan motivasi-motivasi pada kami. yang intinya bahwa statistika merupakan suatu jurusan yang ijazahnya sangat langka, dimana yang mengambil jurusan ini pekerjaan yang dominan adalah sebagai dosen. kenapa? karena.. di SD,SMP,SMA sendiri belum ada yang namanyanya mata pelajaran khusus statistika. yang ada statistika masuknya ke matematika,
dari motivasi-motivasi beliau. ada sedikit rasa yang menggerakkan hati aku untuk mengambil jurusan ini kedeepannya. aamiiin..

awalnya, aku berniat mengambil jurusan Bahasa Inggris.
kenapa lagi?? karena yang pertama aku suka sama pelajaran ini. dan aku rasa ngga perlu sampe membotakkan kepala untuk mempelajarinya. modal utama minat dna kesukaan.
yang kedua, seandainya nanti aku jadi gurupun, aku ngga perlu susah susah yang belibet libet. ngerti kan??

tapi kelemahannya, aku tidak terlalu fasih dalam bahasa inggris. aku pun masih sering liat kamus dalam penulisannya atau setidaknya mengerjakan tugas-tugasnya,
daann.. nilaikupun tidak bagus bagus amat.
apalagii ada materi bahasa inggris yang tidak aku sukai, yaitu tentang report text. naskah naskah yang isinya menjelaskan sesuatu... eeeuuuuuhhh bahasanya tinggi banget, susunann kata-kata dan kalimatnya juga ngga biasa. pokoknya maleslah ngerjain soal-soalnya..

masih menyangkut bahasa inggris, pelajaran ini merupakan pelajaran kedua yang paling aku benci setelah matematika ketika SD.
bayangin aja, sampe kelas 6 aku masih belum bisa menyebuttkan nama-nama warna dalam bahasa inggris.

kembali ke statistika, mekipun dalam mempelajarinya tidak mudah.. karena dibutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi dalam berhitung. seengganya aku harus mencintainya terlebih dahulu.

oiya di Indonesia sendiri jarang ada Universitas yang mengkhususkan statistika menjadi jurusan tersendiri.
Universitas-universitas yang menyediakannya antara lain :
1. UGM
2. UNAIR
3. UNPAD
4. Universitas AIRLANGGA
5. Universitas TRISAKTI



 

date Sabtu, 21 Juli 2012

0 komentar to “Statistika”

Blog ini berisi pengalaman-pengalamanku dan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupanku

Labels